Hal-Hal Yang Dapat Merusak Cat Body Sepeda Motor

Sabun Colek atau Detergent

Jangan menggunakan Sabun colek atau detergent karena dibuat khusus untuk menghilangkan noda/kotoran pada kain, sehingga kandungan zat-zat kimia yang keras dan bisa merusak cat motor. Sabun colek atau detergent sulit larut dalam air sehingga sisa sabun yang terbawa sponge beresiko menyebabkan gores/lecet pada permukaan cat. Gunakanlah shampoo motor ketika mencuci motor.

Bercak Air

Proses pengeringan yang tidak sempurna, bercak air yang tertinggal bisa menyebabkan timbulnya noda air dan jamur yang sulit untuk dihilangkan. Gunakan chamois/kanebo untuk mengeringkan motor sampai ke bagian celah-celah motor agar permukaan cat tidak gores dan kering dengan sempurna.

Parkir di Area Terbuka

Hindari parkir di area terbuka (tanpa atap) dalam waktu yang lama, terik sinar matahari, air hujan, dan embun bisa membuat warna cat motor menjadi kusam dan bisa menimbulkan karat pada bagian motor yang terbuat dari logam. Gunakan selalu sarung motor atau terpal khusus.

Cairan Pengkilap

Terlalu sering mengunakan cairan khusus untuk mengkilapkan body motor dapat mengakibatkan lapisan cat pada body motor terkikis sehingga warna cat akan menjadi pudar atau luntur.

Stiker Tambahan

Melepas stiker motor yang terlanjur tepasang dapat mengakibatkan lapisan pelindung cat pada body motor ikut terlepas dan bekasnya akan jelas terlihat pada body motor.

No comments:

Post a Comment

Artikel Populer