Ingin Perut Anda Ramping?

Jika Anda ingin mendapatkan perut yang langsing, ikuti kiat-kiat berikut ini:

Hindari Makanan Tinggi Kalori

Makananan yang tinggi kalori, yaitu: pizza, burger, gorengan, roti, pasta, daging berlemak dan produk yang mengandung banyak gula. Makananan yang membakar lemak seperti : beras merah, kentang, sayur, buah segar, susu skim, putih telur dan ikan.

Biasakan Sarapan Pagi Secara Teratur

Perut yang kosong dapat memperlambat metabolisme tubuh dan memperlambat pembakaran kalori, oleh sebab itu sarapan pagi yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein sangat dianjurkan.

Makan Perlahan

Otak menerima sinyal bahwa perut sudah kenyang adalah 20 menit setelah kita makan. Dengan mengunyah makanan lebih lama akan mencegah Anda untuk makan lebih banyak dan mencengah penimbunan lemak berlebih.

Olah Raga Secara Teratur

Olahraga dapat memacu denyut jantung, pernapasan dan pembuluh darah dengan cara berlari (jogging), main bola tangan, treadmill, lompat tali, hulahop, aerobik, bersepeda dan berenang. Hal ini sangat efektif untuk membakar kalori dan mengurangi lemak di dalam tubuh.

Minum Air Putih

Banyak minum air putih sangat bermanfaat untuk mempercepat metabolisme tubuh, membantu fungsi otak, ginjal dan hati. Minum segelas air putih sebelum makan dapat menekan nafsu makan sehingga berat badan dapat menurun.

Jam Tidur Yang Tepat
Usahakan tidur 7-8 jam dalam sehari, orang yang tidurnya kurang dari jam tersebut mengalami metabolisme tubuh yang rendah, sehingga kemampuan tubuh untuk membakar kalori menjadi sedikit.

Berjalan kaki

Berjalan termasuk kegiatan berolah raga. Anda dapat melakukan kegiatan ini secara rutin sebagai pengganti olah raga ketika hendak bekerja.

Kurangi Konsumsi Garam

Garam dapat menahan tubuh dalam air, sehingga perut tampak buncit. Salah satu makanan yang mengandung banyak garam adalah fast food.

Hindari Stres

Saat mengalami stres tubuh akan mengeluarkan hormon cortisol. Cortisol akan meningkatkan nafsu makan dan mendorong keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis dan berlemak.

Nonton TV Sambil Makan Camilan

Menonton TV sambil makan camilan akan menimbun lemak dan lipatan-lipatan di perut anda karena membuat tubuh jarang bergerak. Gunakanlah tiap jeda iklan untuk berjalan-jalan sejenak atau melakukan stretching minimal tiap 30 menit sekali.

Menahan Tidak Makan

Cara ini hanya akan membuat anda merasa sangat lapar dan berakhir dengan makan berlebihan serta metabolisme tubuh yang menjadi tidak baik. Para ahli menyarankan makanlah beberapa kali setiap harinya, namun dengan porsi kecil-kecil.

Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji mengandung kalori dan lemak dalam jumlah tinggi. Makanan tersebut biasanya juga tidak terlalu mengenyangkan, sehingga perut akan cepat kembali merasa lapar dan akibatnya porsi makan Anda menjadi berlebihan.

Alkohol

Alkohol mengandung kalori yang tinggi. Ketika anda meminum alkohol, organ hati akan bekerja lebih keras untuk menetralisir kandungan alkohol dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan penyaringan gula tubuh menjadi tertunda dan kemudian akan disimpan tubuh sebagai cadangan lemak.

Hindari Produk Makanan Diet

Produk makanan diet yang beredar di pasaran seperti minuman rendah gula, diet soda, atau makanan ringan lainnya sering dipenuhi dengan pemanis buatan dalam jumlah yang sangat banyak sebagai ganti kalori. Efek yang bisa terjadi adalah memicu tubuh untuk menyimpan lemak lebih banyak.

Minum Teh Herbal

Teh herbal dapat berguna untuk detoksifikasi serta membantu proses metabolisme tubuh sehingga secara tidak langsung membantu mengecilkan perut. Lakukan sehari sekali atau tiap beberapa hari sekali.

Konsumsi Makanan Berserat

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat akan membuat perut Anda kenyang lebih lama. Anda juga dapat menerapkan ini saat memilih cemilan, misalnya dengan mengkonsumsi agar-agar ataupun buah-buahan sebagai snack.

No comments:

Post a Comment

Artikel Populer